Tips Riset Market Online dengan Google

0
123

Vallenca – Sebagai seorang pebisnis atau pengusaha, melakukan riset market merupakan suatu keharusan untuk mengetahui informasi mengenai target pasar, konsumen, hingga pesaing. Kemajuan teknologi internet saat ini membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah. Jika dulu riset market harus bisa dilakukan secara offline dan tak jarang membutuhkan biaya besar, namun kini riset market sudah bisa dilakukan secara online melalui Google dengan jauh lebih mudah dan gratis tentunya.

Sebagai salah satu mesin pencari yang paling banyak dikunjungi saat ini, #Google telah menjadi bagian dari dunia internet yang sangat penting fungsinya. Budaya “Googling” pun menjadi frasa yang dapat di artikan sebagai kegiatan mencari sebuah informasi via internet. Jutaan bahkan miliaran pencarian dilakukan dengan bantuan google. Maka dari itu, bagi seorang pebisnis online tentunya sudah menjadi kewajiban untuk mengerti seluk-beluk Google dan berusaha agar blog atau situsnya berada pada jajaran teratas hasil pencarian.

Tekait dengan riset market, peran Google diantaranya adalah memberikan informasi yang cukup mengenai beberapa hal berikut ini:

1. Mengetahui selera konsumen

Mengetahui selera konsumen merupakan salah satu tujuan melakukan riset market. Banyak cara yang bisa dilakukan misalnya saja dengan membuka survey atau polling untuk produk yang kita jual. Anda juga bisa menyediakan kotak saran sehingga konsumen bisa memberi masukan terhadap produk yang anda jual.

2. Mengamati Pesaing

Mengetahui karakteristik pesaing merupakan hal yang paling penting diketahui oleh seorang pebisnis. Riset market bisa dilakukan dengan menggunakan Google yaitu dengan mencari produk atau brand yang sama dengan yang Anda jual.

Amatilah hal-hal yang mereka lakukan untuk menarik minat konsumen. Setelah mengetahui apa-apa saja yang dilakukan oleh pesaing, kita bisa melakukan strategi pemasaran dalam menghadapi pesaing diantaranya meniru/mengembangkan apa yang dilakukan pesaing atau melakukan sesuatu yang lebih unggul dibandingkan pesaing.

3. Mencari ide baru

Seorang pebisnis online harus berpikir inovatif. Artinya mereka harus terus mengeluarkan ide-ide baru untuk produknya. Hal ini sangat perlu dilakukan agar konsumen tidak bosan dengan produk yang itu-itu saja. Hal ini juga termasuk bagian dari riset pasar.

Melalui Google, kita bisa mencari hal-hal apa saja yang sedang menjadi trend, kemudian bisa diaplikasikan ke dalam produk Anda. Misalnya saja Anda membuka sebuah usaha toko roti. Dengan riset pasar melalui Google, kita juga bisa mengetahui hal yang sedang trend misalnya trend cupcake, macaroon dan sebagainya. Maka kita bisa menjual produk tersebut pada toko online yang kita bangun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here