Cara Menanam dan Budidaya Rumput Odot Yang Baik Serta Benar

0
717

Rumput odot adalah salah satu pakan hijauan ternak berprotein tinggi, yang tentunya sangat berpengaruh dalam proses penggemukan ternak anda. Sekilas rumput ini terlihat seperti rumput gajah, hal ini dikarenakan rumput odot masih berkerabat dengan rumput gajah.

Bagi anda yang sudah lama menjadi seorang peternak, pastinya sudah menetahui bahwa rumput odot merupakan salah satu rumput kesukaan ternak. Serta yang paling penting adalah untuk mempercepat penggemukan ternak.

Cara Menanam Rumput Odot yang Baik

1. Pembibitan Rumput Odot

            Bibit rumput odot dapat di dapatkan dengan melakukan stek batang, bibit tersebut dipotong dengan panjang 15 cm — 25 cm yang selanjutnya dibenamkan ke lahan.

Sebelum penanaman dilakukan, lakukan pemupukan dasar pada lahan dengan menggunakan pupuk kandang, dan lokasi tanam rumput odot tersebut harus mendapatkan sinar matahari penuh.

2. Pola Tanam Rumput

              Rumput odot dapat ditanam dengan pola mono kultur atau dalam lahan yang hanya ditanami rumput odot saja. tetapi rumput odot juga dapat ditanam sebagai tanaman sela yang dikombinasikan dengan hijauan lain. Karena tanaman ini memiliki ukuran lebih pendek, serta rumput odot juga dapat di gunakan untuk menahan erosi lahan.

3. Cara Penanaman Rumput Odot yang Baik

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan lahan tanam dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya.
  • Selanjutnya mecangkul lahan yang akan di tanami, kemudian buatlah gundukan atau bedengan atau juga gunungan kecil dengan lebar sekitar 60 cm hingga 80 cm dan tinggi kurang lebih 20 cm.
  • Pada setiap gundukan atau bedengan ditanami bibit minimal sebanyak 5 ruas dengan 3 ruas di tanam di atas tanah dan 2 ruas ditanam di dalam tanah di tengah gundukan beri jarak tanaman dalam barisan yaitu 50 cm hingga 75 cm,
  • Serta jarak tanam antar baris yaitu sekitar 75 cm hingga 150 cm.

4. Pemupukan Rumput Odot

  • Untuk pemupukan dasar, berikan pupuk kandang, bisa menggunakan kotoran sapi maupun kambing sekitar 3 ton per hektar lahan.
  • Agar mempercepat laju pertumbuhan, rumput odot dapat diberi pupuk kembali setelah berumur kira kira 15 hari pasca tanam dengan menggunaan pupuk urea NPK sebanyak 60 kg per hektar,
  • Dan pupuk cair atau urin kambing fermentasi yang di gunakan sebagai bahan pupuk cair untuk pemupukan dengan cara disemprotkan ke tanaman tanah.

5. Masa Pemanenan

           Pemanenan rumput odot dapat di lakukan setelah rumput berumur sekitar 70 hari hingga 80 hari.

  • Ciri ciri rumput odot yang siap panen adalah terdapat ruas batang yang berukuran 15 cm.
  • Pada musim penghujan rumput odot dapat di panen pada umur sekitar 35 hingga 45 hari,
  • Sedangkan pada musim kemarau rumput odot dapat di panen pada umur sekitar 40 hingga 50 hari.
  • Cara pemanenan rumput ini yaitu dengan memotong rumput yang pendek sejajar dengan tanah.
  • Untuk hasil yang bagus di sarankan untuk pemanenan pertama kali rumput odot di panen setelah berumur 60 hari atau lebih atau tunggu hingga batangnya berukuran sekitar 30 cm hingga 40 cm.

Tips dan Metode Mempercepat Pertumbuhan Rumput Odot

               Kebanyakan peternak saat menanam rumput odot jarang memperhatikan metode ini. Dikarenakan bigitu simpelnya menanam rumput odot, yaitu tanam di lahan dan tunggu hingga panen tiba. Padahal ada metode agar pertumbuhan rumput odot lebih cepat.

Tetapi, untuk menggunakan metode ini kalian juga harus megeluarkan tenaga yang lebih banyak dari biasanya. Berikut ini langkah yang harus kalian lakukan supaya pertumbuhan rumput lebih cepat :

  1. Yang pertama adalah dengan melakukan perabukan dengan pupuk organik dengan bahan yang terbaik. Kalian bisa membeli atau membuatnya sendiri di rumah dengan bahan dasar limbah peternakan.
  2. Ketika panen tiba, tariklah daun hingga terkelupas ke pangkal daun dan bersihkan. Hal ini dilakukan supaya calon tunas tidak tertutupi dan cepat muncul.

Hama dan Masalah Pada Rumput Odot

1. Penyakit Bercak Hitam pada Daun

Penyakit bercak hitam pada daun rumput odot ini mirip sekali dengan penyakit bercak daun pada tanaman cabe. Cara kerja dan serangannya juga sama.

Pada awalnya, daun rumput odot yang sehat mulai muncul titik kecil pada permukaan daunnya kemudian membesar. Lama-kelamaan daun tersebut akan mengering. Kasus lain yang sempat teramati adalah penyakit bercak hitam pada rumput odot ini menyerang ujung daun, sehingga membuat daun menjadi kering tanpa layu.

Penyebab penyakit ini adalah daun rumput odot terinfeksi jamur. Biasanya menyerang saat musim penghujan dan kondisi cuaca lembab. Cara penanganan penyakit bercak daun pada rumput odot ini adalah dengan menyemprot daun menggunakan pestisida nabati dari campuran air tembakau dan sabun colek.

2. Gulma pada Tanaman

Setiap tanaman tidak pernah lepas dari serangan hama dan penyakit, namun khusus budidaya rumput odot ini penanganan tanaman yang terserang hama dan penyakit sebaiknya tidak dianjurkan menggunakan pestisida kimia karena mencegah resiko keracunan pada ternak akibat dari konsumsi daun hijauan yang telah disemprot pestisida.

Hama yang mengganggu dalam budidaya odot seperti pada tanaman yang lain yaitu penggerek batang yang mengakibatkan batang berlubang dan mudah patah meskipun tanaman masih mampu tumbuh. Penangannya sebaiknya mengganti bibit baru pada rumput odot yang terserang mengingat rumput odot cepat tumbuh dan agar tidak menular tanaman ke yang lain.

3. Hama Belalang dan Ulat

Hama yang menyerang rumput odot adalah belalang dan ulat pemakan daun. Meskipun serangan hama ini tidak sampai menghancurkan lahan rumput odot namun harus diwaspadai. Penyebaran hama ini biasanya dari lahan sekitar yang di tanami tanaman holtikultura lain. Saat makanan alami belalang dan ulat sudah habis, maka akan menyerang rumput  kita.

Cara mengatasi hama belalang dan ulat pemakan daun ini adalah dengan cara menyemprot daun rumput odot menggunakan pestisida nabati yang berasal dari telur siput air atau dari telur kreco yang dihaluskan dan dicampur air dan sabun colek secukupnya. Semprot secara berkala setiap pagi dan sore hari.

Itulah cara menanam rumput odot yang baik untuk budidaya atau pakan ternak anda. Semoga dengan artikel ini, dapat membantu kalian yang masih pemula dalam menanam rumput odot. Sampai jumpa di artikel lain dan semoga berhasil… !!!

UNTUK PEMESANAN BENIH RUMPUT ODOT KLIK DISINI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here