Beberapa Jenis Kain untuk Membuat Pakaian

0
257
banjarmasin

Inspirasi Fashion –  Pakaian adalah salah satu hal terpenting dalam aspek kehidupan. selain menjadi kebutuhan primes, pakaian juga termasuk dalam kategori fashion yang selalu berkembang di setiap tahunnya. pemilihan kain dalam pembuatan pakaian juga harus sesuai kebutuhan, beberapa jenis kain yang cocok untuk musim dingin, musim panas maupun musim lainnya. berikut ini beberapa ulasan tentang jenis jenis kain sebagai berikut, agar kalian dapat mengetahui bahan apa yang digunakan untuk membuat pakaian kalian.

1. Katun

Kain katun adalah kain yang terbuat dari serat kapas dengan memiliki daya serap keringat yang sangat baik menjadikan kain yang satu ini begitu banyak di gemari dan jadikannya sebagai bahan pakaian. kain yang satu ini sering kita jumpai karena biasanya di buat untuk pakaian kita sehari-hari seperti, kaos, blus, rok maupun celana. namun, seiring berjalannya waktu kain katun tidak terbuat dari bahan alami saja. kalian dapat dengan mudah menemukan kain katun yang telah tercampur dengan polyester. meski tidak 100% terbuat dari serat kapas alami, kalian tidak perlu khawatir karena kain katun masih tetap nyaman untuk di kenakan ada beberapa kain katun yang dapat kalian gunakan untuk membuat outfit kalian seperti katun Paris, katun Jepang, katun ima, katun linen, katun twill, katun toyobo dan masih banyak lagi.

kain katun

2. Linen

tidak ada banyak yang tahu kalau sebenarnya kain ini adalah kain pertama kali yang di gunakan untuk membuat pakaian. kain yang terbuat dari serat tumbuhan rami ini sekilas terlihat seperti kain katun, tetapi jika di lihat lebih teliti kalian akan dapat dengan mudah membedakan kain linen dan katun pada seratnya. seratnya dapat terlihat jelas dan sedikit agak kaku ketimbang katun. namun, kain yang satu ini memiliki nilai jual yang sedikit lebih mahal. tidak memungkiri jika kalian memiliki pakaian dengan kain ini dan dapat merawat pakaian kalian dengan tepat maka akan terasa lebih nyaman.

kain linen

3. Polyester

apa kalian tahu jenis kain yang satu ini?, meski kain ini tidak menyerap keringat dan cenderung panas saat di kenakan, kain yang satu ini juga memiliki keunggullan tidak mudah kusut. jadi sudah tidak heran jika kain satu ini biasanya di gunakan sebagai bahan campuran dalam membuat pakaian.

review

4. Moss Crepe

Adalah kain yang terlihat seperti jeruk,  yakni memiliki butiran butiran kecil seperti pasir saat di lihat dari jarak dekat.  meski begitu kain ini adalah kain yang cukup halus. kain ini memiliki tekstur cukup tebal dan padat sehingga tidak akan menerawang. kain ini juga nyaman untuk di gunakan sebagai gamis maupun jilbab. kain ini juga tergolong kain yang nyaman karena memiliki bahan yang jatuh saat di kenakan. meskipun begi kain ini akan terasa sedikit kasar entah karena serat kainnya atau karena bentuknya seperti butiran pasir.

qudsfata

5. Kain Tile

Kain Tile atau dalam bahasa inggrisnya “tulle” adalah kain yang memiliki ciri khas seperti jaring, yaitu memiliki lubang lubang kecil yang membuat kain terlihat trasparan ada juga yang menyebut kain ini dengan kain tutu. kain ini biasanya di gunakan untuk membuat gaun pernikahan, kerudung pernikahan, rok dan kebaya. kain ini juga memiliki tekstur agak keras dan kaku ini bertujuam dalam pembuatan pakaian, pakaian dapat mengembang.

banjarmasin

6. Flanel

yang terakhir adalah kain flanel kain yang terbuat dari serat wol tanpa tenun. di buat dengan proses pemanasan dan penguapan menghasilkan kain dengan tekstur yang beragam. kain ini juga dapat dengan mudah kita jumpai di pasaran dengan harga yang terjangkau. selain memiliki harga yang relatif murah. kain flanel memiliki keunggulan yaitu mudah di bentuk dan saat menjahit tidak harus dilipat seperti kain yang lain.

plazakain

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here